KOTA BESAR DILUAR ANGKASA

PELAJARAN 4

Bayangkan kota atau negara favorit anda tanpa kemacetan, polusi, atau kejahatan apapun! Apakah mungkin? Alkitab menjelaskan tentang sebuah kota dengan jalan yang terbuat dari emas! Dengan dinding yang tinggi terbuat dari batu Yaspis, tidak akan ada orang yang batuk, pilek, atau flu. Setiap orang akan memiliki kesehatan yang sempurna dan akan menyenangi pertemanan yang ada. Apakah Anda ingin berkunjung ke kota ini? Anda bukan hanya bisa berkunjung, Anda bisa hidup disana! Bacalah dan temukan bagaimana caranya…

“Sebab itu Tuhan tidak malu disebut Tuhan mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka” (Ibrani 11:16).

Jawab: Alkitab menyatakan bahwa Tuhan sedang membangun sebuah kota besar bagi umat-Nya. Dan kota ini sama nyatanya dengan kota mana pun di bumi ini yang Anda kenal.

“Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari langit dari Tuhan” (Wahyu 21:2). “Ya TUHAN, Allahku … bahwa Engkau juga yang mendengarnya di  tempat kediaman-Mu di sorga” (1 Raja-raja 8:28, 30).

Jawab: saat ini, kota kudus ini sedang dalam tahap renovasi di surga.

Jawab:

NAMA

Kota itu disebut dengan “Yerusalem Baru” (Wahyu 21:2).

UKURAN

“Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.” (Wahyu 21:16). Kota itu berbentuk persegi panjang, per meter 12.000 stadia- yang setara dengan 1.500 mil dan per sisi nya 375 mil  

TEMBOK

“Malaikat menghitung tembok itu dengan ukuran manusia, yaitu Sebuah tembok  setinggi 144 hasta. Tembok ini terbuat dari permata yaspis (jasper) (Wahyu 21:17, 18). Tembok ini berdiri 144 hasta yang setara dengan 216 kaki-mengelilingi kota! Tembok ini terbuat dari permata yaspis, dengan sinar dan keindahan yang tidak mampu dijelaskan. Pikirkan hal ini: hampir 20 lantai dengan batu yaspis padat.

GERBANG

“dan pintu gerbangnya dua belas buah… Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang ” “Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara…” (Wahyu 21:12, 13,21).

DASAR

“Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar… Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud, dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung”. (Wahyu 21:14-20). Kota itu memiliki 12 dasar masing-masing terbuat dari permata. Masing-masing warna pelangi terwakili, jadi dari kejauhan kota itu pastilah kelihatan seperti berada di atas pelangi.

JALAN

“… jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening.” (Wahyu 21:21).

KEINDAHANNYA

“… berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya” “Kota itu penuh dengan kemuliaan Tuhan dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.” “Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya.” (Wahyu 21:2, 11, 16). Kota itu, dengan semua permata, emas, dan keindahannya, akan disinari dengan sinar kemuliaan Tuhan. Dalam kemegahan dan kemurniannya yang mempesona, kota itu bagaikan “pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.”

“Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.” (Wahyu 22:2). “Mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.” (Kejadian 3:22).

Jawab: Pohon kehidupan, yang berbuah 12 jenis dan berada di tengah-tengah kota itu (Wahyu 2:7), memberikan hidup kekal dan kemudaan bagi semua orang yang makan buahnya. Bahkan daun-daunnya mengandung kualitas penunjang yang luar biasa. Pohon itu akan mengeluarkan buah yang baru setiap bulan.

“Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari langit, dari Tuhan, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.” (Wahyu 21:2). “Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.” (Matius 5:5). “Orang benar menerima balasan di atas bumi” (Amsal 11:31).

Jawab: Ya! Kota kudus itu akan turun ke bumi untuk menjadi ibu kota dari bumi yang diciptakan baru. Semua umat Tuhan akan memiliki tempat tinggal di kota ini.

“Setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu.” (Maleakhi 4:1).“Unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap” (2 Petrus 3:10). “Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu” (Maleakhi 4:3). “Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran” (2 Petrus 3:13).

Jawab: Tuhan akan membersihkan bumi dari dosa; Dia juga, dengan kesedihan mendalam, akan membersihkan bumi dari mereka yang terus berbuat dosa. Kemudian Tuhan akan membuat bumi yang sempurna. Kota kudus itu akan menjadi ibu kota bumi kita ini.  Di bumi ini orang benar akan hidup dalam sukacita, damai, dan kesucian selama-lamanya. Tuhan berjanji bahwa dosa tidak akan muncul lagi. Lihat Nahum 1:9. (Untuk informasi tentang neraka, lihat penuntun pelajaran 11)

Jawab:

  1. Tuhan Sendiri akan tinggal bersama mereka (Wahyu 21:3).
  2. Mereka tidak akan pernah bosan. Akan ada sukacita selama-lamanya (Mazmur 16:11).
  3. Tidak ada lagi kematian, rasa sakit, air mata, penderitaan, penyakit, rumah sakit, operasi, bencana, dukacita, masalah, kelaparan, atau dahaga. (Wahyu 21:4; Yesaya 33:24; Yesaya 65:23; Wahyu 7:16).
  4. Mereka tidak akan merasa lelah (Yesaya 40:31).
  5. semua umat Tuhan akan sempurna secara fisik dalam segala bidang. Orang tuli akan mendengar, orang buta akan melihat, orang bisu akan menyanyi, dan orang lumpuh akan sanggup berlari (Yesaya 35:5, 6; Filipi 3:21).
  6. Kecemburuan, rasa takut, kebencian, dusta, kenajisan, kekerasan, amoralitas, kekuatiran, dan segala bentuk kejahatan tidak akan ada lagi sampai selama-lamanya di Kerajaan Tuhan (Wahyu 21:8, 27; 22:15). Manusia tidak akan lagi dibebani oleh kekuatiran yang mengalihkan perhatian mereka dari Tuhan. Tidak akan ada lagi depresi. Waktu tidak akan ada batasnya, dan tekanan serta deadline yang harus dipenuhi di bumi ini akan lenyap selamanya.

Jawab:

  1. Samudera luas seperti yang kita kenal sekarang ini tidak akan ada lagi (Wahyu 21:1). Sekarang, lautan meliputi tujuh puluh persen dari bagian bumi. Ini tidak akan ada lagi di dunia baru. Dunia kita akan menjadi satu taman yang besar dengan keindahan yang sangat menakjubkan, dialiri dengan danau, sungai, dan pegunungan. (Wahyu 22:1; Kisah para rasul 3:20, 21).
  2. Padang pasir akan digantikan dengan taman (Yesaya 35:1,2).
  3. Semua hewan akan menjadi jinak. Tidak akan ada serigala, singa, beruang, yang akan memangsa hewan lain, dan anak kecil akan menggiring hewan (Yesaya 11:6-9, 65:25).
  4. Tidak akan ada lagi kutuk (Wahyu 22:3). Kutuk dosa seperti yang tertulis di dalam Kejadian 3:17-19, tidak akan ada lagi.
  5. Tidak ada lagi kekerasan dalam bentuk apa pun (Yesaya 60:18). Ini termasuk kejahatan, badai, banjir, gempa bumi, tornado, cedera, dan lain-lain.
  6. Tidak akan masuk kedalamnya sesuatu yang najis (Wahyu 21:27). Tidak akan ada lagi pemabuk, kedai minuman / bar, minuman beralkohol, tempat prostitusi, pornografi, atau segala bentuk kenajisan di dalam kerajaan Tuhan yang baru.

“Dan jalan-jalan kota itu akan penuh dengan anak laki-laki dan anak perempuan yang bermain-main di situ.” (Zakharia 8:5). “kamu akan keluar dan bertumbuh … seperti anak lembu lepas kandang” (Maleakhi 4:2).

Jawab: akan banyak anak kecil di kota kudus (Yesaya 11:6-9) dan mereka akan bertumbuh. Sejak kejatuhan manusia ke dalam dosa, kita sudah merosot dalam tinggi badan, kepintaran, dan kesehatan jasmani, tapi ini semua akan dipulihkan! (Kisah Para Rasul 3:20, 21).

 

“Nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.” (1 Korintus 13:12).

Jawab: Alkitab jelas mengajarkan bahwa umat tebusan yang sudah mati akan dibangkitkan untuk bertemu dengan umat tebusan yang masih hidup (Yesaya 26:19, Yeremia 31:15-17; 1 Korintus 15:51-55; 1 Tesalonika 4:13-18). Alkitab juga mengajarkan bahwa umat Tuhan akan saling mengenal di bumi yang diperbarui, sama seperti orang-orang saling mengenal di bumi dalam keadaan sekarang ini.

“Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu.” Mereka terkejut dan takut, dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam Hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.’ Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?” Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng dan madu. la mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka…. Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai di dekat Betania, Dan ketika la sedang memberkati mereka, la berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga” (Lukas 24:36-39, 41-43 (KJV), 50, 51). “…Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke Sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” (Kisah 1:11). “Tuhan Yesus Kristus … akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia” (Filipi 3:20, 21).

Jawab: Sesudah kebangkitan-Nya, Yesus membuktikan pada murid-murid bahwa Dia nyata terbuat dari daging dan tulang dengan cara membiarkan mereka menyentuh-Nya dan dengan memakan makanan di depan mereka. Yesus Kristus yang dengan tubuh jasmani ini naik ke langit dan akan kembali lagi ke bumi. Umat tebusan akan diberikan tubuh jasmani sama seperti tubuh Kristus dan akan menjadi manusia hidup dengan daging dan tulang selama-lamanya. Perbedaannya dengan tubuh kita sekarang adalah, tubuh jasmani yang baru tidak akan mati, merosot, atau mengalami penuaan. Ajaran yang mengajarkan bahwa umat tebusan di sorga akan berupa roh-roh gentayangan (tanpa tubuh jasmani) yang mengambang di awan-awan dan hanya bermain kecapi tidak memiliki dasar Kebenaran Alkitab. Yesus tidak mati di Golgota untuk memberikan masa depan yang remeh dan konyol kepada orang-orang yang menerima kasih-Nya dan mengikuti teladan-Nya. sebagian besar manusia tak akan mau memiliki keberadaan tanpa tubuh seperti itu, dan sebagai akibatnya, banyak yang tidak mau memasuki Kerajaan Tuhan – biasanya mereka hanya menyukai Kerajaan Tuhan agar terhindar dari neraka. Seandainya semua manusia dapat belajar kebenaran tentang kota suci Tuhan dan dunia yang diperbarui, miliaran orang akan mengerti kasih-Nya dan bertobat merasakan kesenangan damai, sukacita, dan tujuan dimana Tuhan merancang mereka untuk mengalaminya.

“Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanam kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga. Mereka tidak akan mendirikan sesuatu, supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu, supaya orang lain memakan buahnya; sebab … orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka” (Yesaya 65:21, 22).

Jawab: Umat tebusan akan membangun rumah-taman mereka sendiri di bumi yang diperbarui. (Masing-masing juga akan mempunyai rumah di dalam kota itu, yang dibangun oleh Kristus – Yohanes 14:1-3), Mereka akan menanam kebun anggur dan memakan buah dari mereka. Alkitab sangat jelas tentang ini: manusia yang nyata (dengan tubuh jasmani padat yang terbuat dari daging dan tulang) akan melakukan hal-hal yang nyata di sorga, dan mereka akan sangat menyukainya.

Jawab:

  1. Menyanyi dan memainkan alat musik (Yesaya 35:10; 51:11; Mazmur 87:7; Wahyu 14:2, 3).
  2. Memuji Tuhan di depan takhta-Nya (Yesaya 66:22, 23).
  3. Menikmati bunga dan pohon yang tidak pernah layu (Yehezkiel 47:12; Yesaya 35:1, 2).
  4. Mengunjungi orang-orang yang kita kasihi, nenek moyang kita, para tokoh Alkitab, dan lain-lain. (Matius 8:11; Wahyu 7:9-17).
  5. Mempelajari hewan-hewan (Yesaya 11:6-9; 65:25).
  6. Menjelajah seluruh alam semesta tanpa pernah merasa lelah (Yesaya 40:31).
  7. Mendengar Tuhan menyanyi (Zefanya 3:17).
  8. Merasakan kerinduan terdalam mereka (Mazmur 37:3,4; Yesaya 65:24).
  9. Sukacita terbesar – menjadi seperti Yesus, berjalan-jalan bersama-Nya, dan melihat-Nya muka dengan muka (Wahyu 14:4; 22:4; 21:3; 1 Yohanes 3:2).

“Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Tuhan untuk mereka yang mengasihi Dia”(1 Korintus 2:9).

Jawab: Bahkan dalam mimpi yang terdalampun manusia tidak bisa menggambarkan kemuliaan Kerajaan Tuhan yang abadi itu. Semua yang tadinya dimiliki Adam dan hilang karena dosa, akan dipulihkan (Kisah Para Rasul 3:20, 21).

“Barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma” (Wahyu 22:17). “untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa … yang tersimpan di sorga bagi kamu.” (1 Petrus 1:4). “Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (Yohanes 14:2).

Jawab: Ya! Ini telah disediakan bagi Anda secara pribadi-saat ini. Dan undangan dari Tuhan adalah untuk Anda secara pribadi. Tolong jangan menolak tawaran-Nya!

“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya” (Wahyu 3:20). “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan,’ akan masuk ke dalam Kerajaan Tuhan, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa- Ku yang di sorga” (Matius 7:21).“Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.” (Wahyu 22:14) “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Tuhan” (Yohanes 1:12). “Darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.” (1 Yohanes 1:7).

Jawab: Berikan hidup Anda kepada Kristus dan tinggal di dalam Dia sehingga Dia dapat membersihkan engkau dari dosa dan hasrat untuk berdosa. Sangat sederhana! Ketika engkau tinggal di dalam-Nya, Yesus memberikan kuasa untuk melakukan kehendak-Nya dan untuk menuruti perintah-Nya dari ketaatan penuh kasih. Ini berarti engkau akan memulai hidup sebagaimana Yesus hidup dan dengan demikian Dia akan menolong untuk mengalahkan dosa. “Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini” (Wahyu 21:7). Seseorang akan siap untuk masuk ke dalam surga ketika surga berada di dalam hatinya.

MENJAWAB PERTANYAAN ANDA

Jawab: Alkitab mengatakan bahwa Tuhan akan “menghapus segala air mata dari mata mereka” (Wahyu 21:4).Dikelilingi keindahan dan sukacita bumi yang diperbarui, umat tebusan akan melupakan tragedi dan sakit hati dari masa lalu mereka. Yesaya 65:17 mengatakan, “Hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.”

Jawab: Disini Rasul Paulus menekankan apa yang dia katakan di dalam ayat sebelumnya 35-49. Bahwa kebangkitan tubuh kita akan berbeda dengan tubuh kita yang sekarang. Dosa mengubah tubuh kita dan sifat alami kita. Oleh sebab itu, ketika kita memasuki surga dari Eden yang dipulihkan, tubuh kita akan berubah sehingga kita dapat menikmati kesempurnaan dari surga. “Daging dan darah” adalah hanya sebuah gambaran dari kata pengganti untuk tubuh manusia di bumi ini (lihat Matius 16:17; Galatia 1:16,17; Efesus 6:12). Kristus di dalam tubuh yang dibangkitkan meyatakan bahwa Dia adalah benar “daging dan tulang” (Lukas 24:39). Dan menurut Filipi 3:21, kita akan memiliki tubuh seperti Yesus.

Jawab: Tidak. Alkitab berkata di dalam Wahyu 21:12 Yerusalem yang baru itu-kota kudus milik Tuhan-memiliki 12 gerbang, dan di gerbang-gerbang ada 12 malaikat. Tidak ada bukti yang  terdapat di Alkitab yang menyatakan setiap rasul menjadi penjaga gerbang.

Jawab: jika setiap orang diberikan 30,48 meter persegi dari luas tanah, akan ada ruangan untuk 39 milyar di dalam kota itu, dimana itu adalah banyaknya populasi di atas bumi ini. Banyak ahli statistik percaya bahwa jika saja semua orang yang pernah hidup akan selamat, akan ada banyak ruang untuk mereka di kota kudus ini. Ayat dari alkitab menjelaskan, meskpiun demikian tidak semua orang akan diselamatkan (Matius 7:14). Jadi, akan ada banyak ruang di kota yang besar itu.

Jawab: Ya! Rasul Paulus sedang memikirkan seorang seperti Anda ketika Ia menulis, “penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” (Roma 8:18). Hanya sekilas dari Bapa surgawi yang telah menunggu untuk Anda dalam kerajaan kekal yang akan menyebabkan cobaan terburuk dan godaan bumi memudar secara signifikan.

Jawab: Kita tidak memiliki ayat yang jelas bagi pertanyaan ini, tapi banyak orang percaya bahwa bayi-bayi akan diselamatkan berdasarkan Matius 2:16-18, di ayat ini Alkitab membicarakan tentang Raja Herodes yang jahat yang membunuh semua bayi laki-laki di Betlehem. Perjanjian Lama menubuatkan kekejaman ini, tetapi  Tuhan meminta para ibu agar berhenti menangis sebab anak-anak mereka suatu hari nanti akan dikembalikan pada mereka. “Cegahlah suaramu dari menangis… sebab mereka akan kembali dari negeri musuh. … anak-anak akan kembali ke daerah mereka.” (Yeremia 31:16,17).

Jawab: Ya! Walau Kota Suci itu sekarang ini adalah tempat tinggal Tuhan, tetapi suatu hari nanti Tuhan akan memindahkannya ke atas permukaan bumi. Kota suci ini akan menjadi ibu kota dari dunia baru, dan Tuhan akan memindahkan takhta-Nya kesini. (Wahyu 21:2,3; 22:1, 3) dan tinggal bersama dengan umat yang diselamatkan di atas bumi sampai kekekalan. Rencana Tuhan adalah untuk memulihkan kepada manusia apa yang dulu dimiliki Adam: kemuliaan sebuah hidup yang sempurna di atas sebuah planet yang sempurna. Setan dan dosa merusak rencana Tuhan, tetapi rencana Tuhan akan tetap terlaksana. Kita semua bisa tinggal sama-sama di kerajaan Tuhan-terlalu berharga untuk dilewatkan! (lihat pelajaran 12 untuk informasi lebih.)

Jawab: Ajaran ini berasal dari Iblis, bapa segala dusta (Yohanes 8:44) Setan berusaha sekuat tenaga untuk mengaburkan rencana Tuhan yang penuh kasih dan menampilkan “tempat tinggal abadi bagi orang baik” sebagai tempat yang tidak nyata, hanya alam roh, agak menyeramkan, agar orang-orang tidak tertarik atau menjadi ragu akan ajaran Alkitab. Setan tahu bahwa bila orang-orang memahami betul kebenaran Alkitab tentang tempat tinggal umat tebusan, kuasanya atas mereka hancur, sebab orang-orang akan mulai menerima pengampunan dosa gratis melalui kematian Yesus supaya bisa masuk ke Kerajaan Tuhan itu. Itulah sebabnya dia bekerja begitu keras untuk mengaburkan topik ini dan menyebarkan dongeng mengenai tempat tinggal abadi umat tebusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *